Restoran Indonesia di Sydney

Bagi orang Indonesia yang berada di Sydney dan lidahnya masih lidah Indonesia asli alias tidak bisa makan tanpa makanan Indo, tak perlu khawatir. Di sini ada banyaaaaak sekali restoran Indo yang menghidangkan makanan siap saji bercita rasa Indonesia. Dan  tulisan ini akan mengulas sedikit banyak tentang restoran2 Indo di Sydney yang berlabel halal (ketika artikel ini ditulis) dan tentunya yang menjadi favorit keluarga kami. Dengan dua kriteria itu (halal dan favorit kami), tentu tidak semua restoran Indo di Sydney akan diulas di sini. So, mohon maaf bagi yang restoran favoritnya tidak hadir di tulisan ini :p

1. Ayam Goreng 99

464 Anzac Parade
Kingsford NSW 2032
(02) 9697 0030

Photo taken from: http://www.herecomesthefood.com.au/eating-out/ayam-goreng-99-kingsford-sydney.html

Restoran ini berlokasi di suburb Kingsford yang yang merupakan suburb yang banyak dihuni oleh orang Indonesia. Menu yang paling terkenal dari restoran ini adalah ayam bakar dan ayam gorengnya dengan sambalnya yang pedes selangit membuat keringat meleleh bercucuran. Selain ayam goreng dan bakarnya yang lezat, menu2 lain yang pernah kami coba dan juga lezat adalah empal goreng, sate telor, babat goreng, mie ayam, bakso, nasi uduk, es teller, es cendol, es duren, dan berbagai macam juice seperti juice manga.

Restoran ini sangat ramai pengunjungnya. Sehingga tidak heran setiap kali ingin makan di sana, kami dan para pengunjung yang lain terpaksa antri di luar restoran menunggu adanya meja dan kursi yang available. Dan tentunya setelah sebelumnya menaro nama di daftar antrian yang ada di dalam restorannya.

2. Kafe Joy

8 Quay Street
Haymarket NSW 2000
(02) 9212 1991

Kafe Joy ini adalah restoran Indonesia yang berlokasi di pusat kota Sydney, tepatnya di dekat Chinatown, Darling Harbour, Sydney Paddys Market & Market City, dan George St. Restoran ini termasuk yang paling sering aku kunjungi karena jaraknya yang sangat dekat dengan kampusku, UTS.

Kafe Joy ini menjual berbagai macam makanan Indonesia, mulai dari ayam goreng balado, sup buntut, mie ayam, bakso, mie gila, rawon, gado-gado, ketoprak, pempek, es duren, es alpukat, nasi goreng, dan lain2nya. Dan menu favoritku di sini adalah sup buntut, ayam goreng balado, pempek, dan es durian. Selain itu, makanan cemilan yang cukup murah juga ada di sini, misalnya risoles yang hanya dijual $2.5 yang cukup untuk mengganjal perut untuk makan siang.

Photo taken from: http://www.flickr.com/photos/foodchaser/3574375795/

3. Warung Ita

168 Haldon Street
Lakemba NSW 2195
(02) 9740 5527

Photo taken from: http://www.streetfood.com.au/2011/04/warung-ita-indonesian-lakemba-padang.html

Warung Ita ini juga restoran lain yang menjadi langgananku ketika aku lagi tak punya waktu untuk memasak. Masakannya bercita-rasa masakan Padang, sehingga tak heran menu2nya sangat cocok denganku yang juga orang Padang. Seperti namanya, WARUNG”, di sini menunya adalah nasi yang dikombinasikan dengan 2 lauk dan 1 sayur yang bisa kita pilih. Lauknya ada banyak variasinya, mulai dari rendang, ayam gulai kuning, ikan goreng balado, telor balado, ayam goreng (balado), terong balado, dllnya. Sayur2nya juga macam2. Ada sawi kuah, gulai kol, dllnya. Kadang2 juga ada ibu2 Indo di sini yang menaro makanan ringan untuk dijual, seperti sate Padang, martabak manis, kue cubit, dllnya. Tapi ini tidak selalu ada.

Nah, biasanya aku ke restoran ini untuk sekedar membeli lauk pauk untuk teman makan kami di rumah. Jarang sekali aku dan keluarga makan dan duduk di sini karena kok rasanya lebih mahal dan tidak terlalu special. Tapi buatku, dibandingkan dengan restoran2 lain di Sydney, restoran inilah yang lauk pauknya paling enak dan paling pas dengan seleraku.

4. Pondok Buyung

124 Anzac Parade
Kensington NSW 2033
(02) 9663 2296

Photo taken from: http://makan1976.wordpress.com/2011/05/04/mays-blog-on-last-weekends-lunch-at-pondok-buyung/

Photo taken from: http://www.streetfood.com.au/2010/04/pondok-buyung-review-indonesian-anzac.html

Kata senior2ku di Sydney sini, maksudnya yang telah lebih duluan tinggal di sini, restoran Pondok Buyung ini adalah restoran yang terenak dan terpopuler di Sydney. Sama halnya dengan Warung Ita, restoran ini menyajikan makanan dengan menu2 khas Padang. Dibandingkan dengan Warung Ita, variasi makanan lebih banyak dan restorannya pun juga lebih besar. Hanya saja menurut lidahku, aku masih lebih menyukai masakan di Warung Ita dibandingkan di restoran ini.

5. Aneka Soto

183 Maroubra Road
Maroubra NSW 2035
(02) 9314 3779

Photo taken from: http://ceritaperut.blogspot.com/2011/03/makan-soto-di-negeri-orang-uhuy-ga-ada.html

Aneka Soto adalah restoran yang khusus menjual beraneka macam soto, misalnya: soto ayam, soto babat, soto mie, soto betawi, dllnya. Selain itu ada pula mie ayam dan bakso. Menu yang menjadi favoritku di restoran ini adalah soto mie dan yang menjadi favorit suami adalah soto babat.

Restoran ini berlokasi di daerah Maroubra, berdekatan lokasinya dengan kompleks Konsulat Jenderal Indonesia di Sydney, dan masih bertetangga dengan suburb Kingsford dan Kensington yang banyak dihuni oleh orang Indonesia.

Restoran ini adalah salah satu restoran yang menjadi favorit keluarga kami. Ketika kami kangen dengan soto dan ingin makan di luar, langsung saja Aneka Soto ini yang terbayang di depan mata.

6. Nasi Goreng

508 Anzac Parade
Kingsford NSW 2032

Photo taken from: http://citysearch.com.au/places/nsw/kingsford/ratu%20sari

Buatku, restoran ini identic dengan menu Pecel Lele. Pokoknya pecel lele terenak se Australi menurutku ada di restoran ini. Lele yang panas disirami oleh sambal cabe yang merah, gurih dan enak benar2 membuat makanku selalu terasa nikmat. Jadi, ketika aku berkunjung ke restoran ini, hanya Pecel Lele dan Ayam Sereh lah yang selalu kucari.

Sebenarnya, selain pecel lele dan ayam sereh, restoran ini juga menjual nasi dengan lauk pauk, pempek, sate ayam, mie goreng, rawon, dllnya. Dan makanan yang disajikan di sini, bercita rasa Indonesia dan Malaysia. Jadi tidak heran bila banyak orang Indonesia dan Malaysia yang berkunjung ke sini.

Mudah2an informasi di atas berguna untuk rekan2 yang sedang, dan berencana akan datang ke Sydney. Tinggal bolehlah di negeri orang, tapi lidah tetaplah lidah Indonesia.

~MAIRIZA~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: