Turis Visa Australia

“Siapa bilang membuat visa itu susah?”

Untuk mendapatkan turis visa Australia, normalnya hanya perlu 5 hari kerja. Namun bila beruntung, 3 hari kerja pun juga sudah selesai, seperti pengalaman kami ketika mengurus visa ibu setahun yang lalu. Visa ibu berlaku selama 2 tahun, dan boleh tinggal di Australia selama maksimal 3 bulan dalam sekali kunjungan.

Nah, apa saja persyaratannya? Ketika itu, persyaratan yang diminta adalah:

  1. Lengkapi form aplikasi nomor 48R (berbahasa Inggris) atau 48R-Indonesian yang berbahasa Indonesia
  2. Biaya visa: Rp. 1.150.000,-
  3. Passport asli yang masih valid (minimal masa berlaku 6 bulan), dan passport2 yang pernah dimiliki sebelumnya
  4. Satu foto berwarna ukuran passport. Backgroundnya boleh apa saja dan buat yang berjilbab, tetap bisa berfoto dengan jilbab tanpa harus melepasnya
  5. Fotokopi kartu keluarga dan fotokopi KTP
  6. Bila si pemohon visa masih bekerja, maka perlu pula dilampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang menerangkan tentang: pekerjaan/jabatan si pemohon visa, masa kerja, gaji, dan periode cuti yang diberikan. Surat ini ditulis di kop surat institusi dan ditandatangani.
  7. Karena kedatangan ibu ke Australia adalah untuk mengunjungi kami anak2 dan cucunya, maka perlu surat dan dokumen yang menerangkan tentang hubungan keluarga tsb. Ketika itu, saya menulis satu surat keterangan (reference letter, liat nomor 8)Β  yang menerangkan hubungan ibu dengan saya dan suami sebagai sponsor keuangannya (karena suami yang bekerja, saya tidak), plus akte kelahiran saya yang di sana tertulis nama ibu dan saya, plus satu lagi fotokopi buku nikah saya dan suami
  8. Karena selama di Australia ibu saya akan tinggal di rumah saya dan semua pengeluarannya baik makanan, transport, dan segala macamnya akan menjadi tanggung jawab saya, maka saya dan suami perlu membuat dan menandatangani satu surat keterangan yang diberi nama “REFERENCE LETTER” yang di dalamnya menerangkan 3 hal pokok: (1) Informasi identitas: ibu saya, saya plus suami sebagai sponsor dan yang bertanda tangan atas surat tsb plus jenis hubungan keluarganya; (2) Saya dan suami yang bertanggungjawab atas finansial dan akomodasi ibu selama kunjungan; (3) Pernyataan bahwa ibu saya akan kembali ke Indonesia begitu kunjungannya habis dan tidak akan menetap di Australia
  9. Syarat berikutnya adalah bukti bahwa si pemohon visa punya cukup uang selama tinggal di Australia. Ketika itu, ibu saya memberikan fotokopi buku tabungannya 3 bulan terakhir. Untuk jumlah uang tabungannya berapa, sebenarnya tidak ada jumlah minimal yang pasti. Namun dari pengalaman teman2 mengurus visa untuk keluarganya, asalkan di tabungan si pemohon visa ada uang minimal 50 juta rupiah per orang, biasanya urusan visa akan lancar2 saja
  10. Selanjutnya, bila ada dokumen lain yang dirasa perlu untuk mendukung aplikasi visa juga sebaiknya ikut dilampirkan. Ketika itu, kami menyerahkan: (1) fotokopi bank statement saya dan suami di Australia sini; (2) fotokopi passport saya dan suami; (3) tiket ibu return Jakarta-Sydney yang telah kami beli sebagai bukti bahwa ibu akan kembali ke Indonesia
  11. Dan Alhamdulillah, ibu tidak diminta medical check up. Karena beberapa kasus katanya bisa diminta tes kesehatan juga.

So, gampang banget kan ngurusnya? Dan hanya perlu 5 hari kerja resminya. Bila malas datang sendiri, juga tersedia layanan visa Australia by post, dimana akan ada kurir resmi yang datang ke rumah menjemput aplikasi dan semua dokumen visa yang diperlukan, lalu mengembalikannya begitu visa sudah selesai. Selain itu, selama proses pengurusannya, kita pun juga bisa melacak progress proses visa kita sudah sampai dimana. Caranya? Silakan lihat di link berikut ini.

O iya… Untuk melihat informasi Visa Australia lainnya bisa diperoleh di situs AVAC berikut ini. AVAC adalah sebuah institusi formal yang ditunjuk oleh kedutaan Australia untuk mengurus semua hal yang terkait dengan urusan VISA Australia. Jadi, jangan pernah datang ke Kedubes Australia kalau mau mengurus Visa.πŸ˜€

Tulisan ini juga dipublish di: mamasejagat.wordpress.com

Cheers,
~MAIRIZA~

Leave a Reply

