Berlakukah Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia di Sydney?

Jawabannya: bisa ya, bisa tidak, tergantung case nya. Mau tau? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

*****

SIM Indonesia, picture by wikipedia

Untuk warga negara Indonesia yang notabene pemegang paspor Indonesia, agar dapat masuk dan tinggal di wilayah mana saja di Australia, tentunya memerlukan surat ijin masuk/tinggal yang biasa disebut VISA. Nah, bila visa atau ijin tinggal yang dimiliki adalah visa tinggal permanen, atau lebih dikenal dengan istilah Permanent Resident (PR), maka SIM Indonesia dapat berlaku, tetapi hanya untuk 3 bulan pertama terhitung sejak kedatangan kita di Australia atau sejak visa PR resmi ditempel di paspor Indo kita. Setelah itu SIM Indo akan hangus tidak berlaku sama sekali, dan SIM Australia lah yang harus digunakan. Jadilah untuk pemegang visa PR, disarankan untuk membuat SIM Australia as soon as mereka menginjakkan kaki di Australia atau sejak mereka dinyatakan mendapatkan PR.

Namun, bila ijin tinggalnya bersifat sementara (bukan permanent), maka SIM Indo tetap bisa digunakan untuk berkendara di Australia selama SIM Indo tersebut masih berlaku (belum kadaluarsa). Hanya saja, berhubung SIM Indo tidak ditulis dalam bahasa Inggris, dan juga tidak ada penjelasan apakah ini SIM tersebut berlaku untuk mobil, motor, truk, dll kecuali hanya simbol huruf seperti: SIM A, SIM C, dll, maka SIM Indo yang dimiliki harus terlebih dahulu diterjemahkan dan dilegalisir resmi oleh perwakilan Indonesia di Sydney, dalam hal ini adalah Konsulat Jenderal Indonesia di Sydney. Dengan hanya membayar $25 (tahun 2009), kita sudah mendapatkan satu lembar pengesahan SIM Indo kita. Dan SIM asli yang disertai dengan lembar pengesahan/terjemahan ini akan dianggap sah dan setara dengan SIM Australia. Sehingga bila tak terduga kita sempat berurusan dengan pak/bu polisi di sini, maka cukup tunjukkan kedua dokumen tadi beserta fotokopi paspor sebagai identitas kita di Australia, and that’s  it. Sekedar share pengalaman saya di sini, “instead of membawa paspor asli kemana2, fotokopi dari lembar terjemahan SIM oleh Konjen RI beserta fotokopi paspor dan visa, saya lipat kecil2, lalu saya masukkan ke dalam dompet. Sehingga akan selalu bersama saya kapanpun dan dimanapun saya berada”.

Mengurus terjemahan SIM Indo di Konsulat pun tidak lama dan berbelit2. Cukup menyerahkan SIM yang asli di loket administrasi (hanya ada satu loket kok di konsulat Indo di Sydney), lalu bayar dan dapatkan bukti pembayaran. Trus, datang lagi dan ambil SIM asli berikut lembar terjemahan/pengesahan keesokan harinya. FYI, dulu saya hanya memerlukan 1 hari kerja (antar hari ini, besok diambil) untuk menterjemahkan SIM Indo saya di Sydney sini.

Alamat Konsulat Indo di Sydney adalah sbb:
Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Sydney
236-238 Maroubra Rd
Maroubra
NSW 2035
Tel.: (61 2) 9344 9933
Fax: (61 2) 9349 6854 (general), (61 2) 9349 7596 (immigration)
http://www.kjri-sydney.org.au/

O iya, kalau SIM Indonya sudah nggak valid gimana? Ya, nggak bisa dipakai lagi dong di sini. Solusinya, either kita pulang dulu ke Indonesia untuk mengurus perpanjangannya di sana, atau bisa juga langsung convert/membuat SIM Australia walau kita bukan PR ataupun warga negara Australia. Tinggal kita prefernya yang mana. Prosedur membuat SIM Australia dapat disimak di tulisan ini.

Trus, taunya visa kita PR atau TR gimana? Mestinya ketika kita mengajukan aplikasi visa Australia, kita sudah tahu jenis visa apa yang ingin kita minta, apakah permanent resident atau bukan. Namun bila tidak yakin, coba lihat visa Australia kita. Biasanya, pemegang visa PR, di stiker visa Australianya akan terdapat tulisan: “holder(s) permitted to remain in Australia indefinitely“, sementara pemegang visa non-PR (atau TR), di visanya akan selalu tertulis batasan waktu (tanggal, bulan, dan tahun) masa berlakunya visa: “holder(s) permitted to remain in Australia until 29Jan13“. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa visa temporary resident ini juga bermacam2 jenisnya, misalnya: visa pelajar (student visa), visa turis (tourist visa), working holiday visa, bridging visa, working visa, dllnya.

So, jangan ragu lagi untuk menyetir di Sydney. Berkendara di Sydney jauuuh lebih nyaman dan mudah dibandingkan dengan di Indonesia, apalagi bila dibandingkan dengan Jakarta yang mesti siap berhadapan dengan berbagai macam “rintangan”, mulai dari gerobak lewat hingga ayam yang menyeberang jalan. Hehehe… Just kidding.🙂

Mudah2an tulisan ini membantu, terutama buat yang berencana datang ke Sydney entah hanya ingin sekedar jalan2 atau untuk melanjutkan sekolah di sini.

Cheers,
~MAIRIZA~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: