Periksa Kehamilan Perdana

Sekedar mau share pengalaman hamil di Sydney. Mudah2an bisa berguna sebagai sumber informasi juga untuk ibu2 yang baru pertama kali menjalani masa2 kehamilan di Sydney. Daripada seperti saya, yang walaupun ini bukanlah kehamilan pertama, tapi tetap saja begitu dinyatakan positif hamil, bingung juga mau mulai dari mana. Jadilah harus telpon sana sini tanya semua teman2 yang ada tentang bagaimana dan apa yang mesti dilakukan terkait dengan kehamilan di Sydney sini, yang memang baru untuk saya.

Well, cerita dimulai ketika hasil test pack yang menunjukkan garis dua mendatar. Yang berarti, seorang ibu positif hamil. Kalau kata dokter saya, testpack itu cukup akurat. Akurasinya bisa 95%. Dan bila ibu2 perlu untuk lebih diyakinkan, bisa juga menggunakan lebih dari satu testpack seperti yang saya lakukan. Bila semuanya menunjukkan garis dua mendatar, berarti benar deh, Positif Hamil.

Setelah itu, apa yang mesti dilakukan?
Langsung datang/buat appointment dengan dokter (GP/General Practitioner atau dokter umum kalau di Indonesia). Kebetulan dokter keluarga saya punya praktek sendiri dan selalu ada tiap hari. Jadi ketika siangnya saya lihat ada garis dua di testpack, sorenya saya langsung datang ke GP saya sambil menunjukkan test pack dengan garis dua mendatar tsb. Dan thanks God! Ternyata beneran hamil.

Selanjutnya, dokter saya melakukan beberapa pemeriksaan dasar seperti: mengukur tensi saya, berat badan, tinggi badan, jantung, dan tanggal2 penting, seperti hari pertama haid terakhir. Dan ternyata, saya sudah hamil 6 minggu.

Setelah itu, saya diberikan surat pengantar periksa darah ke laboratorium patologi yang terdekat dengan rumah saya. Waktu itu, saya direfer ke “Douglass Hanly Moir Pathology“. Setelah berkonsultasi mengenai apa yang “DOs dan DON’Ts” selama kehamilan, dokter saya mengingatkan saya untuk kembali lagi menjumpainya minggu depan, setelah hasil test darahnya dikirim ke dokter saya. Kurang lebih perlu waktu 3 hari sejak saya test darah di lab patology hingga hasilnya diterima oleh dokter saya.

Next nya, silakan disimak ditulisan berikutnya.

Leave a Reply

