Beberapa Tips

Makanan Sehat
*****************

Berikut saya sarikan beberapa tips terkait makanan sehat selama hamil yang saya dapat dari dokter di sini.

  • Fruit & Vege
    At least 5 portions each day (iron-rich leafing green vegetables).
  • Bread, potatoes, rice, pasta, breakfast cereals, wholegrain-bread.
  • No peanut, karena takutnya alergi dengan kacang.
  • 2 Serving of fish per week & a portion of eggs, beans, meat, chicken each day. Avoid liver & jeroan.
  • Dairy foods, e.g. milk,, cheese (avoid non-pasteurized soft cheeses).
  • Take a lot of water. Restrict 6 cups of coffee & tea per day.
  • Limit/reduce sugar and sugary foods, e.g. sweets, cakes, biscuits, fizzy drinks/coke.

Balance diet:
1/3 Fruit & Vege (at least 5 portions a day) + 1/3 carbohydrate (like bread, potatoes, cereals, pasta) + 1/6 protein food (like meat, poultry, cheese) + small sugar + at least 8 glasses of water each day.

Olahraga/Nge-Gym selama hamil?
*************************************

Berhubung sebelum hamil saya juga ikut kelas aerobik/fitness di sini, maka berikut saran trainer fitness saya dan dokter saya.
1. Saran Dokter
“Selama hamil, kalau hamilnya tidak ada komplikasi/masalah, sebaiknya semua kegiatan dilakukan seperti biasanya. Tidak usah dikurangi, tidak perlu bed rest, namun jangan pula dilebihkan. Tujuannya supaya bayi yang ada di dalam kandungan akan berada di posisi yang benar, yaitu kepala di bawah. So, buat kondisi saya, silakan lakukan fitness/datang ke fitness center ikut kelas aerobik yang biasa saya lakukan (zumba, latino blas & burn, yoga, pilates), namun:

  • Jangan lompat2/loncat2
  • Jangan lari2″

2. Saran Trainer Fitness
“Sebaiknya selama hamilnya normal tak bermasalah, tetap ikut fitness. Disarankan ikut kelas yang telah biasa diikuti sebelumnya (sebelum hamil) alias sebaiknya jangan mencoba kelas2 baru. Fitness levelnya juga dikurangi, tidak seperti sebelum hamil. Rumusnya:

  • Not too hard
  • Not too hot
  • Not new classes (sebaiknyajuga  jangan ikut kelas Kongo (karena lompat2), body pum (karena angkat beban), dan boxing).”

Semoga bermanfaat.

Cheers,
~Mairiza

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: