Sekolah Islam di Sydney

Tulisan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan seorang ibu yang berencana datang ke Sydney bersama keluarganya. Kebetulan memang anak saya bersekolah di salah satu sekolah Islam di Sydney, dan di awal2 kedatangan kami dulu saya sendiripun juga sempat “struggle” mencari informasi bahkan mendatangi satu per satu sekolah2 Islam tersebut. Mudah2an bermanfaat juga untuk pembaca yang lainnya.

Berikut saya list beberapa sekolah Islam yang sepanjang pengetahuan saya memenuhi kriteria yang saya buat berikut ini:
1. Bagus kualitas akademisnya (di atas rata2 national Australia)
2. Menerapkan (dan mengajarkan) prinsip dasar agama Islam
3. Sesuai dengan aqidah Islam yang saya anut (FYI, sebelum datang ke Sydney, saya hanya tahu bahwa Islam itu ya Islam. Muslim itu ya muslim. Ternyata setelah di sini, saya jadi mengetahui bahwa ternyata ada beberapa “aliran” Islam di dunia, yang rupanya akidahnya hingga tata cara shalatnya pun tidak sesuai dengan yang saya percayai dan yang orang tua saya ajarkan ketika saya di Indonesia dulu. Di Sydney pula saya baru mengerti bedanya Syiah dan Sunny, adanya Ahmadiyah, dll. Dan FYI, mayoritas muslim di dunia beraliran Sunny, e.g. muslim Indonesia, Malaysia, Pakistan, India, Saudi Arabia dan negara Arab lainnya, etc, dan biasanya aliran Syiah banyak dipraktekkan oleh muslim Iran/Persia. Nah, berhubung tulisan ini tidak ditujukan untuk membahas aliran2 ini, maka saya hanya ingin memberikan sekilas overview saja).
4. Saya tahu paling tidak ada satu atau dua orang keluarga Indonesia yang saya kenal, atau teman saya yg kenal dan rekomendasikan orang tersebut, menyekolahkan anaknya di sana (mungkin naif juga sih kriteria yang ke-4 ini. Tapi paling tidak, dengan adanya keluarga Indo di sekolah tersebut, anak saya tidak terlalu merasa asing di awal/permulaannya, dan paling tidak juga sudah ada cek dan ricek atau “rekomendasi mulut ke mulut” dari orang Indo lain yang saya tahu dan percaya memiliki kesamaan akidah dengan saya).

Dengan kriteria2 di atas, tentunya tidak semua sekolah Islam terangkum dalam tulisan ini.

A. Malek Fahd Islamic School (Kindy – Y12)
http://www.mfis.com.au/
Suburb: Greenacre
Alamat: 405-407 Waterloo Road, Greenacre
Phone: (02) 9642 8766

Review:
Pro: Berdasarkan pencapaian akademik yang biasanya diukur dari hasil ujian nasional literacy dan numeracy se Australia (NAPLAN) dan persentase lulusan yang diterima di jenjang universitas, Malek Fahd merupakan sekolah Islam terbaik di state NSW, bahkan di Australia. Dibandingkan dengan sekolah2 publik ataupun swasta yang lain di NSW dan di Australia pun, Malek Fahd juga termasuk yang top untuk kualitas dan pencapaian akademiknya. Sehingga tidak jarang bila sekolah ini dipilih dan menjadi pilihan utama oleh banyak keluarga muslim, termasuk keluarga Indonesia yang bermukim di Sydney. Ditambah lagi dengan uang sekolahnya yang termasuk murah untuk ukuran sekolah swasta di sini ($300 an per term).
Contra: Karena tuntutan pencapaian akademis yang sangat tinggi dan harus selalu tinggi, pressure yang diterima anak2 yang bersekolah di sini pun juga sangat tinggi. Apalagi sekolah ini memiliki sistem kelas unggulan berbagai level, yang bila si anak kurang perform akan dipindahkan ke level yang lebih rendah, atau (kata teman saya) bahkan diminta pindah/mencari sekolah lain bila prestasi akademisnya tidak memenuhi batas minimal yang ditetapkan sekolah. Selain itu, sekolah ini tidak mempunyai mata pelajaran yang berkaitan dengan Islamm seperti Al-Quran, Pendidikan Agama Islam, ataupun Bahasa Arab. Boleh dikatakan bahwa sekolah ini 100% berfokus pada mata pelajaran umum seperti Math, English, dll. Walaupun tidak memiliki mata pelajaran keIslaman seperti yang ditulis di atas, tapi tetap saja sekolah ini dijalankan berdasarkan Islamic values dan norma2 dasar Islam. Selain itu, sekolah ini tidak menerima murid yang bukan Australian Resident (Australia citizen atau Australia Permanent Resident).

B. Al-Noori Muslim Primary School (Kindy – Y8)
http://www.alnoori.nsw.edu.au/
Suburb: Greenacre
Alamat: 75 Greenacre Road, Greenacre
Phone: (02) 9790 5726

Review:
Pro: Berdasarkan pencapaian akademiknya, Al Noori merupakan sekolah Islam terbaik di state NSW setelah Malek Fahd. Artinya apa? Untuk kualitas mata pelajaran dasar umum yang juga diajarkan dan menjadi mata pelajaran wajib di semua sekolah umum (public school), Al-Noori memiliki rata2 jauh di atas mereka (berdasarkan hasil ujian national NAPLAN). Selain itu, Al-Noori memiliki mata pelajaran keIslaman dan berdasarkan ngalor-ngidul dengan ibu2 yang menyekolahkan anaknya di sekolah ini, pelajaran Al-Quran (menghafal Al-Quran) sangat bagus di sekolah ini. Anak teman2 saya pada kuat2 hafalan Qurannya. Selain itu, sekolah ini sedang melakukan pengembangan bertahap untuk mengekspansi kelas2nya hingga High School. Status per tahun 2012, mereka telah memiliki kelas Y8 dan sedang dalam tahap persiapan untuk level selanjutnya. Selain itu, balancing antara belajar dan bermain untuk anak2 didik masih cukup seimbang (ataupun timpang sedikit tapi masih nggak apa2lah) di sekolah ini. Sehingga, mostly alias mayoritas keluarga muslim Indo di sini yang memilih Al-Noori sebagai sekolah untuk putra-putrinya. Biaya sekolahnya juga tergolong murah, yaitu sedikit lebih mahal dibandingkan Malek Fahd (kalau nggak salah sekitar $400 lebih dikit per term).
Contra: Again, berdasarkan cerita ngalor ngidul ibu2 pengajian, ratio antara jumlah guru dengan jumlah murid (dan jumlah kelas) tidak terjaga dengan baik di sekolah ini. Akibat ekspansi kelas paralel di level primary school yang besar2an dalan beberapa tahun terakhir, sepertinya para guru “sedikit kewalahan” menghandle peserta didik di sini. Sehingga banyak teman saya yang mengeluhkan perubahan attitude dan behavior anaknya ketika bersekolah di Al-Noori. Selain itu, sekolah ini juga kabarnya tidak mau menerima murid yang bukan Australian Resident (Australia citizen atau Australia Permanent Resident). Dulu (4 tahun yang lalu) anak saya sempat saya daftarkan di sekolah ini dan dinyatakan lulus ujian masuk. Tapi ketika daftar ulang, sekolah ini menolak dan tidak dapat menerima anak saya bersekolah di sana dikarenakan status visanya yang Student Dependent Visa, alias bukan citizen dan bukan pula Permanent Resident.

C. Arkana College Primary School (Kindy – Y6)
http://www.arkana.nsw.edu.au/
Suburb: Kingsgrove
Alamat: 346 Stoney Creek Road, KINGSGROVE, NSW, 2208
Phone: 02 9502 3655

Review:
Pro: Berdasarkan hasil ujian national NAPLAN, pencapaian akademis Arkana College hampir sama dengan Al-Noori Muslim Primary School. Selain mata pelajaran umum wajib, sekolah ini juga mengajarkan mata pelajaran Islami seperti Arabic, Quran, dan Islamic Study. Kualitas hafalan murid2nya pun juga terbilang baik. Dengan tidak adanya kelas paralel (hanya satu kelas per masing2 tingkat kelas) dan ratio jumlah murid dan guru yang ideal (murid per kelas tidak lebih dari 30 orang, dan beberapa kelas dipegang oleh 2 orang guru) dapat menjadi jaminan bahwa anak kita akan terperhatikan dengan baik di sekolah ini. Interaksi dengan guru dan perangkat sekolah pun juga terjalin akrab. Balancing antara belajar dan bermain juga sangat ideal. Berbagai kegiatan ekstra dan intrakurikuler yang fun, cukup sering diselenggarakan. Sebut saja, mulai dari Book Character Parade, Arafah’s Day, Crazy Hair Day, Anasheed Concert, dll ada di sekolah ini. Dan sepanjang pengetahuan dan pergaulan saya, Arkana College ini merupakan satu dari dua Islamic School yang saya list di sini yang tidak pernah dikeluhkan oleh para orang tua dan anak2nya. Teman2 saya yang menyekolahkan anak2nya di sini hampir semua terlihat happy tanpa keluhan akan sekolahnya. Bahkan beberapa teman yang “terpaksa” harus memindahkan anaknya ke sekolah Islam lain karena alasan ekonomi (FYI, tuition fee di Arkana sungguh mahal. Dua kali lipatnya Al Noori, dan 2.5 kalinya Malek Fahd), pada menyesal dan harus deal dengan tuntutan dan keluhan anak2nya yang tidak pernah merasakan kebahagiaan yang sama dengan ketika mereka bersekolah di Arkana.
Contra: Kontra utama dari sekolah ini adalah uang sekolahnya yang mahal, yaitu kurang lebih 2 kali lipatnya Al Noori Muslim School dan 2.5 kalinya Malek Fahd. Selain itu, karena hanya ada 1 kelas untuk setiap tingkat dengan masing2 kelas punya daya tampung maksimal 30 orang, jadilah persaingan masuk ke sekolah ini cukuplah ketat. Para orang tua telah mulai mendaftarkan anaknya semenjak anaknya baru dilahirkan. Jadi janganlah heran bila di tahun 2012 ini, Arkana College telah menutup pendaftaran hingga tahun 2016 yang akan datang. Bahkan waiting list nya pun juga sudah penuh. Berdasarkan pengalaman saya dan teman2 lainnya, untuk mensiasati hal ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan anak kita di sekolah umum saja terlebih dahulu, kemudian coba pindahkan ke Arkana ketika mereka sudah di kelas 1, 2 , atau ketika ada spot kosong di Arkana.

D. Australian International Academy (AIA) (Kindy – Y12)
http://www.aia.vic.edu.au/aia_nsw/
Suburb: Strathfield
Alamat: 420 Liverpool Road, Strathfield, NSW, 2135
Phone: (02) 96420104

Review:
Pro: AIA ini merupakan sekolah lain (selain Arkana College) yang saya tahu tidak meninggalkan keluhan melainkan memberikan kepuasan pada orang tua dan anak2nya yang bersekolah di sini. Pola pendidikannya mirip dengan Arkana College, demikian pula dengan balancing aktifitas akademik dan fun activitiesnya. Selain itu, AIA ini merupakan cabang dari AIA yang telah lama dibuka di Melbourne negara bagian Victoria, yang mempunyai IB diploma program (International Baccalaureate). More info mengenai IB program bisa dilihat di link ini: http://www.aia.vic.edu.au/aia_nsw/academic/ib-diploma-programme.
Contra: Sama halnya dengan Arkana College, kontra utama dari sekolah ini adalah uang sekolahnya yang sungguhlah mahal. Bahkan lebih mahal lagi dari Arkana. Kurang lebih 3 kalinya Malek Fahd dan 2.5 kalinya Al Noori, atau 1.25 kalinya Arkana College.

E. Rissalah College (Kindy – Y6)
http://www.rissalah.nsw.edu.au/
Suburb: Lakemba
Alamat: 54-72 Hampden Road, Lakemba NSW 2195
Phone: (02) 9758 0808

Review:
Pro & Contra: Terus terang knowledge saya mengenai sekolah ini tidaklah banyak. Karena hanya satu teman pergaulan saya yang pernah menyekolahkan anaknya di sekolah ini. Itupun, anak tersebut tidak happy dan akhirnya dipindahkan ke sekolah Islam lain yaitu Al-Noori begitu ada spot kosong di sekolah tersebut. Kalau dari cerita teman saya itu, anak2 yang bersekolah di sini bandelnya kelewatan, kasar dan pukul2an. Dia pun juga heran apakah tidak ada kontrol dari pihak sekolah mengenai ini. Dan dari yang saya tahu, memang tidak ada satupun teman saya yang merekomendasikan saya mengenai sekolah ini, walaupun saya tahu ada beberapa (tidak banyak) keluarga Indonesia lain yang menyekolahkan anaknya di sini. Sekedar berbagi saja, kesan tidak mendalam saya mengenai sekolah ini adalah admin office sekolahnya “tidak ramah” terhadap saya ketika dulu saya menghubungi mereka untuk mendaftarkan anak saya. Dan setelah curhat ke seorang teman yang sudah lebih lama tinggal di sini, teman saya itu mengatakan bahwa memang sekolah itu sepertinya agak sedikit ekslusif untuk orang2 Arab/Libanon. Akhirnya, saya mengurungkan niat saya untuk melanjutkan proses pendaftaran anak saya ke sekolah ini.

O iya, untuk list lengkap mengenai sekolah2 Islam yang ada di negara bagian New South Wales (tentunya tidak terikat pada 4 kriteria saya di atas), dapat dilihat di link berikut ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Islamic_schools_in_New_South_Wales

Semoga bermanfaat dan happy hunting.

Cheers,
~MAIRIZA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: