Kunjungan Dokter Ketiga Dstnya …

Kunjungan dokter ketiga saya lakukan di saat usia kehamilan saya memasuki minggu ke-8 atau 2 bulan tepatnya. Seperti biasa, dokter saya melakukan pemeriksaan dasar (timbang berat, ukur tensi, ukur perut, dll), serta mendiskusikan beberapa issue yang saya miliki/ingin saya tanyakan. Di kunjungan ini saya menanyakan pada dokter apakah ada batasan untuk saya melakukan USG, dan dokter saya menjawab tidak ada. Bila dokter merasa butuh melakukan itu, maka saya akan diminta USG tentunya dengan pengantar dari sang dokter. Dan ketika saya menanyakan kapan saya bisa melakukan USG pertama, karena FYI untuk USG saya mesti melakukannya di lab medical imaging yang memerlukan referensi dari dokter saya, dokter saya memberikan saya surat referensi untuk USG. Yay, senang juga. Akhirnya bisa ngintip si adek bayi.

Dan seperti biasa, dokter mengisi kartu kuning saya mengenai hasil pemeriksaan dan treatment2 yang saya dapatkan.

Selanjutnya? Ya dua hari kemudian saya telpon Lab Medical Imaging yang dirujuk oleh dokter saya (tentunya yang paling dekat dengan rumah saya) untuk booking appointment USG. Setelah cocok jadwalnya, baru deh saya datang sesuai appointment dan di USG. Hasilnya bisa diambil sore harinya. Dalam amplop besar hasil pemeriksaan, selain diberikan film2 hasil scan-an USG, ada juga 2 copy deskripsi hasil USG dari dokter radiology. Nah, yang satu copy nanti akan diserahkan ke dokter saya di kontrol kehamilan berikutnya. Dan FYI juga, USG nya free ya, alias tidak bayar. Lega juga akhirnya setelah mengecek dan melihat sendiri “walau di layar monitor” kondisi janin yang ada di perut saya.

So… itu dulu ya. Kontrol2 selanjutnya saya rasa belum ada yang spesial. Ntar kalau ada lagi, akan saya tulis di blog ini. Yang jelas, ikuti saja saran dokternya. Kontrol yang rutin, dan ketika diminta tes ini itu (biasanya dokter saya selalu menjelaskan cukup detail apa itu testnya, untuk apa, dan apa treatment selanjutnya), bila rasanya tidak ada keberatan, ikuti saja. Di sini semua sudah ada standarnya, jadi tidak usah khawatir.

So, itu saja dulu dari saya. Nanti disambung lagi di cerita kehamilan selanjutnya.

Ciao,
~MAIRIZA

2 responses to this post.

  1. Hi mbak marisa senang ketemu blog ini.kbtulan saya new comer di sydney dan dikasih rejeki hamil. Yg saya baca2, tmn2 juga pada ke gp ya.sya selalu lalu ke gp di kampus macquarie ada rumhsakitnya. Tpi kata gp nya saya lgsung ke obgyn bisa ke public hospital atau private. Trus dokternya cuma ksih surat aja ke rumskit yg dituju, ngga ada nyuruh tes darah dll. Jadi lgsung ke public hospital aja ya?pilihan saya royal north shore klo ngga yg ryde hospital. Mbak mairiza melahirkan dmna?mksih sharing2nya ya

    Reply

    • Posted by mairiza on December 20, 2014 at 9:25 pm

      halo mbak Debi,

      Senang banget ketemu mbak di sini. Saya mohon maaf banget karena late late banget responsenya. Bgmn sekarang kabarnya? Sudah konsul rutin di hospital? Iya, sebagai pintu awal pemeriksaan memang di GP. Lalu GP akan meneruskan kita ke designated hospital sesuai dengan area tempat tinggal kita. Kalau dari awal GP sudah mengirimkan mbak ke hospital, ya nggak apa2 mbak. Penanganannya sama aja kok. Malah kalau di hospital lebih detail periksanya.

      Reply

Leave a Reply

